HOTLINE

+62 823 1882 5095

: Office@indosarana.co.id Cikampek Baru 2 Kec. Jatisari Kab. Karawang
Aplikator.co.id
SHARE :

Biaya Meningkat Rumah

26
03/2014
Kategori : Bangun dan Renovasi / Kontraktor Konstruksi
Komentar : 0 komentar
Author : Aplikator


Biaya Meningkat Rumah

Membangun rumah tingkat maupun membuat rumah 1 lantai menjadi tingkat adalah solusi bagi Anda yang memiliki lahan terbatas. Namun, sebelum terburu-buru untuk meningkat rumah, sebaiknya hitung estimasi/perkiraan Biaya Meningkat Rumah.

Pondasi rumah tingkat dengan rumah 1 lantai berbeda. Bila sejak awal pondasi rumah dirancang untuk ditingkat maka cukup robohkan atap, lalu ditingkat. Namun, bila pondasi rumah Anda hanya untuk 1 lantai maka Anda harus membuat pondasi baru pada sisa lahan yang masih tersedia.

Biaya Tingkat Rumah

Biaya Tingkat Rumah

Perkiraan Perhitungan Biaya Meningkat Rumah

Biaya Meningkat Rumah dengan Pondasi Baru

Biaya meningkat rumah dengan pondasi baru artinya membuat bangunan baru. Sehingga biayanya tidak beda jauh dengan biaya pembangunan rumah dari nol. Bila menggunakan jasa kontruksi maka akan dihargai per meter persegi.

Lazimnya, jasa kontraktor akan menawarkan harga yang berbeda untuk pembangunan satu lantai dengan rumah tingkat. Bukan biaya total lantai satu ditambah dengan biaya total lantai dua.

Misalkan, jasa kontraktor menawarkan biaya Rp3.000.000/meter persegi untuk rumah 1 lantai. Namun, jika rumah 2 lantai maka biaya pembangunannya akan menjadi Rp5.000.000/meter persegi.

Sehingga jika luas lantai 1 adalah 16 meter persegi dan luas lantai 2 adalah 9 meter persegi, lalu  total luas bangunan lantai bawah+lantai atas adalah  25 meter persegi maka perhitungan biaya pembangunannya adalah 25×5.000.000×2 = 250 juta.

Bukan  total biaya pembangunan lantai 1 (16×3.000.000×2) ditambah total biaya pembangunan lantai 2 (9×3.000.000×2) = 96.000.000+54.000.000= 150 juta.

Jika ingin berhemat maka Anda dapat membangun sendiri dengan cara mencari tukang harian. Menggunakan tukang harian membuat Anda dapat menekan biaya bahan bangunan.

Namun, bila tukang yang Anda dapatkan kurang cekatan dan suka mengulur waktu, biaya tukang harian bisa mencapai belasan juta.

Biaya Meningkat Rumah Tanpa Pondasi Baru

Bila tidak ada lahan tersisa maka Anda dapat meningkat rumah tanpa pondasi baru menggunakan bahan khusus seperti papan kayu, baja ringan, besi, dan GRC (bahan sejenis asbes, tetapi lurus, tidak bergelombang).

Namun, penggunaan bahan-bahan tersebut hanya dapat membangun rumah satu setengah lantai atau yang memiliki nama lain split level.

Ini merupakan rumah satu lantai yang di dalamnya di beri lantai tambahan tanpa membongkar atap rumah dan menambahkan pondasi yang dalam. Metodenya hampir mirip dengan membangun loteng.

Karena atap tidak di tinggikan maka lantai  atas akan sangat dekat dengan atap, sehingga saat di siang hari kemungkinan akan terasa gerah.

Baja ringan dan besi berfungsi sebagai tiang dan rangka lantai atas. Kayu berfungsi sebagai lantai. Sedangkan GRC berfungsi sebagai dinding.

Pembangunan rumah tingkat satu setengah lantai tetap memerlukan pondasi, tetapi tidak sedalam pondasi rumah/bangunan baru. Lantai dalam rumah dapat dibor dan digali untuk menanamkan tiang penyangga lantai atas.

RAB Meningkat Rumah Terbaru

Perkiraan biaya meningkat rumah satu setengah lantai menggunakan bahan-bahan di atas akan lebih murah di bandingkan dengan biaya meningkat rumah menggunakan bata karena tidak memerlukan semen dan pasir.

Selain itu karena harga papan kayu dan GRC adalah meteran. Misalkan, tinggi lantai atas 2 meter dan panjangnya 3 meter. Maka kira-kira hanya membutuhkan 2 lembar GRC. Sementara 1 lembar GRC (ukuran 1×2 meter) memiliki harga mulai dari 70 ribu rupiah.

Total biaya pembangunan lantai atas jika hanya satu ruangan kurang-lebih 15 juta rupiah sudah termasuk biaya tukang.

Supaya estimasi harga membuat rumah tingkat lebih tepat, Anda dapat melihat harga bahan-bahan material bangunan di aplikator.co.id. Bagi Anda yang sudah mendapatkan RAB, tetapi masih bingung mencari material bangunan, jangan segan untuk memesan material di tempat kami.

 

Baca juga :

 

 

Berita Lainnya

28
04/2021
28
04/2021
19
04/2021
19
04/2021
19
04/2021
17
04/2021


Tinggalkan Komentar

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.